Skip to main content

Selamatkan Budaya, Kearifan Lokal Dan Lingkungan Wanacala Adakan Pelatihan Lingkungan Hidup

Lampung Selatan
Selamatkan Budaya, Kearifan Lokal Dan Lingkungan Wanacala Adakan Pelatihan Lingkungan Hidup

Lampung, – Dalam rangka membangun mental dan pengetahuan serta memahami tentang lingkungan hidup bagi generasi muda lampung maka Wanacala Lampung mengundang Siswa Pecinta Alam (Sispala), KPA (Kelompok Pecinta Alam), Mahasiswa Pecinta Alam dan umum untuk ikut serta dalam Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) yag bertepat di obyek wisata Teropong Kota Desa Sumur Kubang Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Jumat (07/8).

Dalam pelatihan ini Wanacala hanya membatasi 60 orang peserta saja yang digelar mulai Jumat (07/8) hingga Minggu (09/8).

Direktur Wanacala Lampung Hermansyah menjelaskan, kegiatan itu digelar selain untuk mempererat tali silaturahmi, juga menjelaskan agar generasi milenial saat ini paham dengan lingkungan hidup.

“Selain mempererat tali silaturrahmi, kita juga memberikan arahan kepada peserta agar lebih paham lagi tentang pendidikan lingkungan hidup,” katanya.

Di tempat yang sama Hermansyah juga sangat berterimakasih kepada Pemkab Lampung Selatan, Pemerintah Desa Sumur Kumbang, yang sudah mensuport kegiatan ini.

Disamping itu dirinya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada instansi terkait, seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Dinas Pendidikan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) serta Pemerintah Desa (Pemdes) Sumur Kumbang.

Diketahui, kegiatan yang mengedepankan pendidikan lingkungan hidup ini digelar mengingat saat ini perlunya pembinaan tentang pemeliharaan, baik objek wisata, maupun pegunungan. Salah satunya Gunung Rajabasa.

"Dengan digelarnya kegiatan ini diharapkan para peserta bisa merasakan langsung berinteraksi dengan alam," ujarnya.

Lingkungan hidup merupakan anugrah dari Allah SWT, yang diperuntukan bagi umat manusia untuk dijaga dan dilestarikan demi peningkatan kualitas hidup dan kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup yang berada dipermukaan bumi.

Lingkungan hidup memiliki peran strategis yang sangat penting mengingat daya dukung lingkungan yang dimilikinya cukup besar karena dapat memberikan jaminan kelangsungan hidup serta tercapainya pembangunan yang berkelanjutan.

Ini semuanya tentunya dapat diperoleh apabila kondisi lingkungan hidup tersebut terjamin dan terjaga kelestariannya. Sebaiknya bila lingkungan hidup mengalami degradasi akibat aktivitas manusia yang tidak terkendalikan maka struktur dan fungsi dasar ekosistem akan rusak sehingga menimbulkan resiko dan beban sosial terutama kepada manusia itu sendiri.

Untuk menjawab ancaman dan tantangan kerusakan alam ini, maka Wanacala Lampung sebagai Lembaga/organisasi Lingkungan Hidup mengadakan kegiatan Pendidikan/Latihan sebagai salah satu bentuk upaya pengkaderan, membangun relawan cinta terhadap lingkungan. 

Upaya tersebut perlu dilakukan sebagai langkah pemenuhan dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia. (Red)
 

Facebook comments