Skip to main content

Pemkab Lampung Selatan Sosialisikan Beras Rastra Diganti dengan BPNT

Lampung Selatan
Dokumentasi


Kalianda - Pemkab Lampung Selatan melalui Dinas Sosial Lampung Selatan mensosialisasikan bantuan beras untuk rakyat sejahtera (Rastra) diganti dengan nama Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

Sosialisasi perubahan bentuk bantuan ini dilaksanakan Pemkab Lampung Selatanpada , Selasa (16/1), yang dihadiri oleh Camat beserta seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Lampung Selatan.

Bupati Lampung Selatan DR. H. Zainudin Hasan mengatakan, setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mendapat jatah 10 kilogram beras/bulan dengan kualitas beras medium tanpa biaya tebus (gratis) dan diantar sampai ke desa.

“Beras ini tidak ditebus tetapi diantar oleh Bulog sampai ke masing-masing desa tanpa dipungut biaya. Setelah sampai di desa, silahkan nanti secara teknis juklaknya diatur oleh pak Sekda apakah bisa mengambil dari dana desa atau alokasi dana desa untuk biaya operasional dan penyalurannya,” ujar Bupati Zainudin.

Untuk itu, Zainudin minta kepada kepala desa ini jangan malu-malu, jangan ragu-ragu kalau diundang pastikan hadir. “Dengan demikian akan kita ajarkan bagaimana tehnik, cara kerja tertib administrasi itu sangat penting,” ungkapnya.

Sedangkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lampung Selatan, Drs. Syahidi menjelaskan, program Bantuan Program Non Tunai ini merupakan kelanjutan Program Keluarga Harapan (PKH) yang telah disalurkan di 68 Kabupaten/Kota pada tahun 2016 menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Menurut dia, Kabupaten Lampung Selatan sendiri mendapat kuota sebanyak 79.894 KPM. Sedangkan jumlah keluarga miskin di Kabupaten Lampung Selatan berdasarkan Basis Data Terpadu (BDT) Program Penanganan Fakir Miskin berjumlah 144.294 KK.

“Jadi yang mendapatkan bantuan Rastra ini, kurang lebih 55 persen,” kata Syahidi.

Penyaluran Rastra ini dibagi menjadi 4 (empat) tahap, yakni tahap I dilaksanakan pada tangga 1 Januari sampai 31 Januari 2018, tahap II dilaksanakan pada tanggal 1 Februari sampai 30 Juni 2018, tahap III dilaksanakan pada tanggal 1 Juli sampai 31 Juli 2018, dan tahap IV pada tanggal 1 Agustus sampai 31 Desember 2018.

“Untuk tahap IV pelaksanaannya akan beralih menjadi Bantuan Pangan Non Tunai dengan mempergunakan alat pembayaran elektronik yang disebut Kartu Kombo, Bahan pangan dalam program BPNT ini adalah beras dan telur,” tegasnya.

Facebook comments