Skip to main content

Sispala LGH dan Wanacala Lampung Gelar Pendidikan Lingkungan Hidup Kepada Para Pelajar

Lampung Selatan
Sispala LGH dan Wanacala Lampung Gelar Pendidikan Lingkungan Hidup Kepada Para Pelajar.


Kalianda - Siswa Pecinta Alam Lingkar Generasi Hijau (Sispala LGH) SMA Ma'arif 1 Sukatani Kalianda merupakan organisasi yang ada di tingkatan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Keberadaan Sispala LGH SMAM Saka ini didirikan tahun 2016, telah melakukan aktivitas di sekolah maupun di luar sekolah. Mulai melakukan gotong royong bersih sampah, pembibitan, penanaman, pendakian, bersih sampah di jalur pendakian dan buat ecobrick.

Lahirnya Sispala LGH SMAM SAKA, tujuannya tak lain  ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan hidup sekitar. Pada tahun 2018 ini, LGH SMAM mengajak kepada semua pelajar di tingkatan SD dan SMP, untuk juga berkontribusi untuk bisa menyelamatkan Lingkungan hidup yang saat ini sedang sakit.

Awal Februari 2018 ini kami melayangkan 15 (lima belas) surat Audiensi penyelenggaraan  Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di sekolah SMP di Lampung Selatan. Dari beberapa surat yang dikirimkan, baru 5 sekolah yg sudah mengagendakan Audiensi dan Pelaksaanaan PLH.

Pada Jumat, 2 Maret 2018 adalah pelaksanaan perdana pengenalan pendidikan lingkungan hidup di Sekolah SMPN SATU ATAP 1 Kalianda Lampung Selatan. Pelaksanaan satu hari ini direspon baik oleh kepala Sekolah dan antusiasnya siswa/siswinya.

Kepala Sekolah SMPN Satu Atap 1 Kalianda ini berharap, kegiatan PLH ini terus dilakukan di sekolahnya, karena ini adalah kegiatan yang positif yang harus di dukung oleh pihak sekolah manapun, apalagi ini ada alumni yang terlibat untuk kegiatan ini yaitu bagaimana generasi penerus cinta terhadap alam terutama di sekolahnya.

Lilis Kurniasih Ketua Sispala LGH SMAM SAKA menyampaikan dalam pertemuan PLH ini, bahwa lingkungan yang kita tempatin ini sedang sakit.

“Ini butuh kepedulian kita sebagai generasi penerus, saat ini sering terjadi bencana banjir, Iongsor, gempa dan lain lain. Ini adalah peringatan kepada kita semua, bahwa ada sesuatu yang tidak seimbang atas lingkungan hidup yang kita tempatin,” ungkapnya.

Ada beberapa materi yang disampaikan untuk PLH tingkat SMP ini, yaki materi sampah, bercocok tanam organik, kompos, daur sampah dan pembibitan. Dalam pendidikan lingkungan hidup, kata Lilis, didampingi Lembaga WANACALA LAMPUNG yang sudah berjalan hampir 2 tahun ini, pihaknya belajar banyak dengan Lembaga Wanacala Lampung ini.

"Kita di Sispala akan menargetkan untuk mendampingi  sekolah- sekolah yang telah kita lajukan audiensi dan telah dilaksanakan PLH. Dan sebagai narasumber nya kita dari Lembaga Wanacala Lampung. Semoga kerjasama ini tetap berjalan dengan kesewadayaannya,” tegas Lilis.

Ditambahkan Lilis, pada Sabtu, 3 Maret 2018, adalah PLH ke 2 yang mereka lakukan di SMPN 2 SATAP Kalianda Lampung Selatan dan sekolah lain, sedang mengagendakan agar kegiatannya tidak berbenturan dengan sekolah lain.

Hermansyah selaku pengurus Harian Wanacala Lampung mengatakan kepada pihak sekolah, untuk menjadi dampingan Lembaga Wanacala Lampung maka harus dibentuk organisasinya. Misalkan bentuk Sispala tingkat SMP, biar terarah dalam berkegiatan.

“Kegiatan ini diharapkan banyak kader-kader yang cinta terhadap lingkungan hidup guna mengingatkan kita semua atas kelalaian mengemban amanah yaitu menjaga lingkungan dalam keadaan seimbang.

Kegiatan kami berharap mendapat dukungan dari sekolah sekolah dan pihak lain, agar semuanya saling menguatkan dalam kegiatan ini. Kami sangat bangga dan senang kegiatan yang kami lakukan selalu didukung oleh kepala Sekolah SMA MA'ARIF 1 Sukatani Kalianda Lampung Selatan,” demikian Hermansyah. (Hn)

Facebook comments