Skip to main content

Hadapi Nataru, Basarnas Lampung Gelar Apel Siaga SAR Khusus

Hadapi Nataru, Basarnas Lampung Gelar Apel Siaga SAR Khusus
Hadapi Nataru, Basarnas Lampung Gelar Apel Siaga SAR Khusus

Lampung – Basarnas Lampung gelar Apel Siaga SAR Khusus dalam menghadapi libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) di halaman kantor Basarnas Lampung pada Rabu (18/12).

Bertindak sebagai Pembina Apel, Kepala Kantor Basarnas Lampung, Jumaril. Apel ini sebagai tanda dimulainya siaga SAR khusus dalam menghadapi libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 yang digelar mulai tanggal 18 Desember 2019 dan berakhir pada tanggal 8 Januari 2020. 

Kegiatan ini berdasarkan arahan dari Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, yang dalam amanahnya disampaikan dalam apel tersebut. Bertujuan untuk terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal untuk mendukung serta membantu unsur-unsur terkait melalui pemantauan jalur mudik angkutan Natal dan Tahun Baru, serta pemantauan kawasan wisata strategis secara profesional, sinergi dan militan.

Basarnas Lampung menempatkan beberapa tim di titik - titik jalur kepadatan arus penumpang, yaitu: 1 tim di Pelabuhan Bakauheni, 1 tim di Pelabuhan Kota Agung dan 2 tim di ruas jalan tol Trans Sumatera. Untuk di ruas tol tim dilengkapi dengan peralatan penyelamatan pada kecelakaan kendaraan (Vehicle Accident Rescue) dan di Pelabuhan Bakauheni stanby alut Basarnas Lampung yaitu RIB 02. Sementara KN SAR Basudewa Lampung dan KN SAR Drupada Banten akan diperkuat KN SAR Karena Jakarta untuk melakukan pemantauan khusus di alur penyeberangan Merak - Bakauheni, disamping itu kantor pusat Basarnas juga memberikan perkuatan dengan mensiagakan satu unit helly copter HR-3605 di pelabuhan Bakauheni dan Merak dengan daerah pantauan hingga ke ruas tol trans Sumatera.

Beberapa daerah wisata di Lampung juga menjadi pusat perhatian bagi para wisatawan menikmati libur Natal dan Tahun Baru. Basarnas Lampung menempatkan 1 tim rescue di Pantai Ketang Kalianda untuk mengcover wilayah - wilayah pariwisata di daerah sepanjang pantai Lampung Selatan. Selain itu 1 tim rescue juga ditempatkan di Dermaga Ketapang untuk mengcover wilayah pariwisata di sepanjang wilayah Pesawaran yang biasanya akan dipadati oleh para pengunjung saat liburan nanti.

“Kepada para anggota Basarnas Lampung agar selalu memperhatikan faktor keselamatan (safety) dalam menjalankan tugasnya. Selalu semangat dan ingatlah bahwa tugas kita ini adalah tugas yang syarat dengan nilai-nilai kemanusiaan, yakinlah bahwa Tuhan Yang Maha Kuasa akan mencatatnya sebagai amal ibadah, serta selalu memberikan perlindungan dan kebahagiaan bagi kita dan keluarga,” ujar Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, melalui sambutannya yg dibacakan oleh Jumaril.(AJ)
 

Facebook comments