Skip to main content

Bupati Nanang Resmikan PAMSIMAS lll Dan Pengenalan Aplikasi Sedot WC Berbasis Androit "SALAMAN"

Bupati Nanang Resmikan PAMSIMAS lll Dan Pengenalan Aplikasi Sedot WC Berbasis Androit "SALAMAN"
Bupati Nanang Resmikan PAMSIMAS lll Dan Pengenalan Aplikasi Sedot WC Berbasis Androit "SALAMAN"

Lampung Selatan - Plt, Bupati Lampung Selatan (Lamsel), Nanang Ermanto, meresmikan PAMSIMAS lll berkelanjutan Tahun 2018 dan pengenalan aplikasi sedot WC berbasis androit “ salaman” yang dilaksanakan di lapangan Desa Bumi Daya Kecamatan Palas Lamsel, Kamis (26/12).

Acara tersebut dihadiri oleh Staf Ahli Kabupaten Lamsel, Plt. Kepala Dinas Perkim, seluruh Camat se Lamsel, Kepala Desa dan Kadus, RT Bumi Daya dan masyarakat yang bersama - sama bergotong royong membangun pamsimas yang ada di desa Bumi Daya. 

Dalam sambutannya Plt, Bupati Lamsel, Nanang Ermanto mengatakan sebagai bentuk komitmen untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan sedot WC, pemkab melakukan pengenalan aplikasi sedot WC “Sanitasi Layak dan Aman” (SALAMAN).

“Aplikasi SALAMAN ini adalah salah satu inovasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan untuk mengimbangi kemajuan teknologi saat ini yan bekembang pesat,” kata Nanang Ermanto.

Sementara Plt, Kadis Perkim, Yanny Munawarti, menerangkan tujuan PAMSIMAS untuk meningkatkan akses pelayanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin pedesaan dan daerah pinggiran kota.

“Dalam rangka menerapkan prakyek hidup bersih dan sehat dengan membangun model penyediaan prasarana dan sarana air minum, sanitasi berbasis masyarakat yang berkelanjutan dan diadaptasi oleh masyarakat,” jelas Yanny Munawarti.

Ia menjelaskan, pada tahun 2018 lalu terdapat 28 desa Pamsimas. Dimana 4 desa didanai dari APBD, 16 desa didanai dari APBN dan 8 desa merupakan desa stunting yang didanai dari APBN.

Masyarakat sangat antusias sekali dengan adanya program ini dan berharap semua pipa saluran rumah (PSR) mandapatkan saluran air. 

Karena kapasitas mesinnya belum memadai, Lurah Dudi Hermana akan manganggarkan Tahun 2020 yang akan datang untuk penambahan saluran air bersih untuk masyarakat yang belum dapat air dari Pamsimas yang ada di Desa Bumi Daya.(AJ)
 

Facebook comments